Kamis, 28 Agustus 2014

Penyebab Penuaan Kulit

Orang bilang kalau umur tuh tak bisa dibohongi. Ya, bener juga bahwa semakin usia kita bertambah, tubuh dan kulit kita pun mengalami penuaan secara alami. Kekencangan kulit semakin berkurang kala usia kita semakin bertambah. Sekarang ini banyak terdapat produk kosmetik yang berlabel "anti aging", tujuan nya sih menghilangkan penuaan pada kulit, tapi sebenarnya penuaan tetap terjadi, namun mungkin hanya diperlambat proses penuaan nya.

Kali ini BlogiD akan membahas hal apa saja yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Setidaknya dengan adanya tulisan ini, kamu bisa menghindari hal-hal yang dapat membuat kulit kita terlihat lebih tua dari pada usia kita.

1. Konsumsi Gula Berlebih
Perlu diperhatikan bahwa makanan yang mengandung gula belebih dapat meyebabkan penuaan pada kulit. Kolagen yang ada didalam kulit bisa bertambah keras akibat adanya proses glycation yang diakibatkan oleh glukosa berlebih dalam tubuh. Hindari lah makanan yang manis-manis yang mengandung gula berlebih.

2. Stres
Seperti kita ketahui bahwa jika kondisi jiwa kita stress keseimbangan hormon dalam tubuh terganggu. Ketika kamu stres tubuh kamu akan lebih banyak memproduksi kortisol dalam jumlah banyak. Jika kita stres kita akan kekurangan kolagen dan elastin yang menyebabkan kulit kita terlihat tua dari pada usia kita.

3. Pola Tidur yang Tidak teratur
Proses regenerasi kulit kita terjadi saat kita tidur. Jika jam tidur kita tidak teratur kulit akan nampak lebih tua. Sayangilah kulit kamu dengan istarahat dan tidur yang baik dan berkualitas

4. Tinggal di Perkotaan
Radikal bebas di udara akibat polusi di kota dapat berakibat buruk pada kulit. Kolagen dan elastin dapat berkurang karena enzim MMPs yang diakibatkan oleh radikal bebas. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat melawan radikal bebas dalam tubuh.
sumber: kompas.com | gambar: uctclinic.com

0 komentar:

Posting Komentar