Kamis, 28 November 2013

Tips cara membuat foto bokeh yang indah dan menawan

Cara membuat foto bokeh - Untuk para pemula di dunia fotografi mungkin akan terkagung-kagum ketika melihat foto portrait dengan gambar blur pada backgroundnya namun sangat tajam pada objek utamanya. Foto demikian disebut dengan foto bokeh atau teknik foto Depth of Field yang bisa dibuat dengan teknik tertentu.


Tips dan trik membuat foto bokeh

Gunakan Bukaan Aperture Lebar
Aperture atau diafragma adalah lubang cahaya yang ada di lensa. Hal ini menjadi faktor yang cukup penting untuk menghasilkan foto bokeh pada kamera. Aperture atau diafragma besar akan membuat daerah ruang tajam foto menjadi sempit, sehingga selain objek fokus foto, bagian lain foto akan terlihat seperti blur. Sekedar mengingatkan, aperture lebar digambarkan dengan f angka kecil. Misal f2 atau f1.8.

Letakkan Objek Pada Background yang Jauh
Bokeh juga sangat dipengaruhi dengan jarak antara objek foto dan background. Semakin jauh background foto anda, maka akan semakin mudah menghasilkan foto dengan background yang blur.

Dekatkan Jarak Kamera dengan Objek
Setelah melakukan setting aperture sesuai cara diatas, maka langkah selanjutnya adalah dengan memperdekat jarak kamera (anda) dengan objek foto. Semakin dekat dengan objek, maka akan semakin sempit area fokus objek foto anda (Depth of Field). Namun ketika memperdekat jarak, perhatikan pula komposisi antara objek dengan keseluruhan frame foto anda.

Gunakan Rentang Lensa Terpanjang
Sebagai optional, untuk memperoleh foto dengan bokeh yang baik, maka pergunakan lensa yang baik pula. Sebenarnya 3 trik diatas adalah teori dasar untuk menghasilkan foto bokeh. Namun untuk memaksimalkan hasil, pergunakan lensa dengan focal length yang besar. Jika anda menggunakan lensa 18-55, maka gunakan FL 55mm dengan aperture terbesarnya (biasanya 5.6).

Gunakan Lensa Prime/Fixed Lenses
Karena makin besar aperture makin bagus pula bokehnya, jika anda memiliki lensa prime, pakailah. Lensa prime atau prime lens atau fixed lens, adalah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak bisa di-zoom. Lensa prime biasanya menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena memilki bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prme adalah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.

Demikian tips singkat membuat foto bokeh. Tentunya hasil foto juga tergantung dari pengalaman anda yang bisa anda latih secara tekun jika memang ingin terjun secara profesional ke dunia fotografi.

0 komentar:

Posting Komentar